Langsung ke konten utama

LPTIK - 10 MS POWER POINT

 MICROSOFT POWER POINT

A. Pengertian Microsoft Power Point

    Microsoft Office PowerPoint atau biasa disebut dengan Microsoft PowerPoint, merupakan sebuah program komputer yang didesain untuk presentasi. Dengan program ini Anda dapat membuat, mengatur, men-format sebuah file presentasi menjadi lebih menarik sebelum Anda tampilkan. Program ini dikembangkan oleh Microsoft, dalam paket aplikasi Microsoft Office. Yang mana terdiri dari Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya selain Microsoft PowerPoint.

    Microsoft PowerPoint ini dapat Anda jalankan sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Microsoft PowerPoint sangat populer di masyarakat. Apalagi di kalangan perkantoran, pebisnis, para pendidik, siswa dan trainer.

B. Sejarah Microsoft Power Point

Sebagai aplikasi presentasi terpopuler di dunia, Microsoft PowerPoint tentunya memiliki sejarah yang tidak boleh kita lewati. Pada awal pertama kalinya, aplikasi Microsoft PowerPoint ini dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Sebagai awal mula perubahan nama menjadi PowerPoint adalah berasal dari perusahaan yang bernama Forethought, Inc.

PowerPoint versi 1.0 dirilis pada tahun 1987, dan pada saat itu juga komputer pendukungnya adalah Apple Macintosh. Diketahui tampilan awal dari Microsoft PowerPoint masih menggunakan warna hitam/putih. Dan hanya mampu membuat halaman teks / grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).

Setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran, selang setahun kemudahan versi aru dari PowerPoint juga muncul dengan dukungan warna. Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi perusahaan Forethought, Inc termasuk perangkat lunak PowerPoint dengan harga sekitar 14 juta dollar.

C. Fungsi Dan Manfaat Microsoft Power Point

  • Meningkatkan percaya diri
  • Membuat slide jadi menarik
  • Membuat audience tertarik dengan apa yang dipresentasikan
D. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Power Point
    a. Kelebihan
       - Tampilan user friendly.
       - Dilengkapi dengan berbagai macam Tools yang menarik.
       - Tersedia desain dan template yang bervariasi.
       - Fitur penggerak (Transition & Custom Animation)
       - Terdapat fitur kolaborasi.
       - Memiliki fitur Cloud Service.

    b. Kekurangan
        - Harga paket Microsoft Office yang cukup mahal.
       - Ketidakstabilan dokumen di setiap versi.
       - Membutuhkan spesifikasi hardware yang baik, karena Microsoft PowerPoint termasuk program             yang berat.
       - Membutuhkan kemampuan yang cukup untuk membuat presentasi yang menarik.

E. Cara Menjalankan Microsoft Power Point
    
    a. Membuat Berkas Power Point
        1. Buka PowerPoint. Klik atau klik dua kali ikon aplikasi PowerPoint yang tampak seperti kotak              berwarna oranye dengan huruf “P” berwarna putih. Setelah itu, halaman templat PowerPoint akan           ditampilkan.

        2. Pilih templat. Klik templat yang ingin digunakan. Setelah itu, jendela templat akan                                  dibuka. Jika Anda tidak ingin menggunakan templat, klik opsi “Blank” di pojok kiri atas                         halaman dan lewati dua langkah berikutnya.

        3. Pilih tema jika memungkinkan. Banyak templat yang menawarkan beragam skema warna atau                tema berbeda yang ditandai oleh kotak-kotak berwarna di pojok kanan bawah jendela. Klik                    salah satu kotak tersebut untuk mengubah skema warna dan/atau tema templat. 
Lewati langkah             ini jika templat yang terpilih tidak memiliki tema.

        4. Klik create. 
Tombol ini berada di pojok kanan bawah jendela. Setelah itu, templat akan terpilih                dan berkas presentasi PowerPoint akan dibuat.

    
    b. Membuat Halaman Judul
        1. Tentukan tampilan halaman judul presentasi Anda. Tidak seperti halaman-halaman lain pada                 presentasi, halaman judul tidak boleh memiliki konten-konten apa pun selain judul dan                         subjudul. Hal ini dianggap sebagai keharusan profesional saat membuat presentasi                                 PowerPoint.

        2. Tambahkan judul. Klik kotak teks besar yang berada di tengah halaman pertama, kemudian                     tikkan judul presentasi. Anda bisa mengubah fon dan ukuran teks yang digunakan                                    pada tab “Home” di pita oranye yang ditampilkan di bagian atas jendela program.

        3. Tambahkan subjudul. Klik kotak teks yang lebih kecil di bawah kotak judul, kemudian tikkan                 subjudul yang ingin digunakan. Anda juga bisa mengosongkan kotak tersebut jika mau.

       4. Susun kembali kotak judul. 
Tempatkan kursor pada salah satu sudut kotak judul, kemudian klik             dan seret kotak ke sekitar halaman untuk mengubah posisinya. Anda juga bisa mengeklik dan                 menyeret salah satu sudut kotak teks ke luar atau dalam untuk mengecilkan atau memperbesar                 ukuran kotak teks.

    c. Menambahkan Halaman Baru
        1. Klik tab insert. Tab ini berada di bagian atas jendela PowerPoint. Setelah itu, bilah peralatan                 baru akan ditampilkan di bagian atas jendela. Pada komputer Mac, klik tab “Home”.


        2. Klik tombol new slide. 
Tombol ini berada di ujung kiri bilah peralatan. Setelah itu, menu drop-               down akan ditampilkan.
        3. Pilih jenis halaman. Pada menu drop-down, klik salah satu opsi berikut untuk ditambahkan ke                presentasi.
       4. Tambahkan halaman-halaman lain yang dibutuhkan. bisa menambahkan halaman sambil                        mengerjakan presentasi, tetapi dengan menambahkan beberapa halaman sejak awal, Anda bisa               mendapatkan gambaran mengenai tata letak presentasi sambil menyelesaikannya.
        5. Posisikan kembali halaman-halaman sesuai kebutuhan.

    d. Menambahkan Konten Ke Halaman
        1. Pilih halaman. Pada kolom kiri pratinjau halaman, klik halaman yang ingin disunting. Setelah                 itu, halaman tersebut akan ditampilkan di jendela presentasi utama.
        2. Carilah kotak teks. Jika memilih halaman yang memiliki kotak teks, Anda bisa menambahkan                teks ke halaman tersebut. Lewati langkah ini dan dua langkah berikutnya jika halaman yang                    terpilih menggunakan templat yang tidak memiliki kotak teks.
        3. Tambahkan teks ke halaman. Klik kotak teks, kemudian tikkan teks sesuai kebutuhan. Kotak                 teks pada PowerPoint secara otomatis akan mengatur format teks yang Anda masukkan (mis.              menambahkan poin/bullet) berdasarkan konteks konten itu sendiri. Anda juga bisa menambahkan              catatan pada presentasi (yang tidak akan masuk seluruhnya di dalam slide), tetapi masih bisa                  Anda buka dengan mengeklik "Notes' pada bagian bawah slide.
        4. Sesuaikan format teks halaman
        5. Tambahkan Foto ke halaman. Jika Anda ingin menambahkan foto ke halaman, klik tab “Insert”,             kemudian klik “Pictures” pada bilah peralatan dan pilih foto yang diinginkan.
        6. Sesuaikan kembali konten halaman.
        7. Ulangi langkah ini untuk setiap halaman presentasi.

    e. Menambahkan Transisi
        1. Pilih halaman. Di kolom kiri jendela PowerPoint, klik halaman yang ingin disisipi transisi.
        2. Klik tab transition.
        3. Tinjau pilihan transisi yang tersedia.
        4. Tampilkan pratinjau transisi.
        5. Pilih transisi yang ingin digunakan.
        6. Tambahkan transisi ke konten halaman.
     
    f. Memeriksa Dan Menyimpan Presentasi
        1. Tinjau presentasi power point yang dibuat.
        2. Klik tab Slide Show.
        3. Klik from beginning
        4. Buka setiap halaman pada salindia.
        5. Buatlah perubahan yang diperlukan sebelum beralih ke langkah berikutnya.
        6. Simpan presentasi power point.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PENGGUNAAN HLOOKUP DAN VLOOKUP PADA EXEL

Fungsi VLOOKUP  Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi referensi ke tabel lain. Dimana nilai dihasilkan berdasarkan key/range tertentu yang sesuai dengan tabel referensi. Fungsi VLOOKUP Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel referensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang di tetapkan dalam tabel referensi. Gunakan fungsi VLOOKUP (bukan HLOOKUP) jika nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.       Lookup_value , adalah nilai yang dapat ditemukan dalam kolom pertama dari tabel referensi. Lookup value dapat berupa sebuah nilai, referensi atau string teks. ·          Table_array adalah tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range. col_index_num adalah nomor kolom pada tabel refeensi yang akan dihasilkan/atau dikembalikan. Jika col_index_num bernilai 1, maka nilai-nilai yang dihasilakn/dikembalika berada